Test Footer 2

Kamis, 25 Mei 2023

ADAB




Adab berarti memberikan hak kepada segala sesuatu dan waktu.  Adab adalah mengetahui apa yang menjadi hak diri  sendiri dan hak Allah subhanahu wa ta'ala. Perilaku mulia atau tata krama spiritual di jalan sufi serta kesempurnaan dalam perkataan dan perbuatan. Ilmu  tasawuf berpijak pada adab yang berkisar dari perilaku yang benar sesuai dengan syariat hingga tata krama spiritual yang terus-menerus kepada Allah subhanahu wa ta'ala sendiri.  Sopan santun tata krama moral dan juga sastra. Sebuah pelajaran yang sangat berharga dalam kesusastraan tradisional. Rasulullah bersabda: "Pendidikan tentang kebajikan merupakan bagian dari keimanan".  Masyarakat Arab wilayah gurun - sebagaimana berbeda dengan yang tinggal secara menetap - pada umumnya menghindari persentuhan badan kecuali berjabat tangan. Ada juga menganjurkan agar seseorang terlibat dalam pengusulan jenazah pada proses pemakaman, dan mengunjungi orang lain yang sedang sakit. Secara umum termasuk bagian dari Adam adalah mendahulukan dan memuliakan anggota badan bagian kanan dari anggota kiri.

Dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam banyak sekali perintah untuk mengajarkan tentang adab. Demikian juga mengenai keutamaan adab. Dalam ungkapan bahasa Arab ada kalimat "adab di atas ilmu". Pernyataan ini menggambarkan bahwa betapa adab menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan. Sehingga prioritasnya didahulukan dibanding dengan ilmu. Orang yang berilmu tanpa disertai ada akan menjadi manusia yang mulia. Manusia yang memiliki adab yang kemudian dilengkapi dengan ilmu akan menjadi seorang pribadi bukan hanya baik tapi juga memberikan yang terbaik kepada lingkungannya.

Adab dalam Islam bukan hanya diaplikasikan terhadap manusia tetapi lebih dari itu terhadap makhluk-makhluk yang lain juga seorang hamba dituntut untuk beradab. Misalnya dalam hal penyembelihan, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memerintahkan untuk membaguskan cara penyembelihan. Demikian juga terhadap lingkungan, seperti yang diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, agar jangan mengencingi lubang-lubang yang ada di tanah.

Secara singkat, sebagaimana di katakan oleh Naquib Al-Attas, adab adalah meletakkan sesuatu sesuai dengan proporsinya. Sehingga orang yang jujur belum tentu dapat dikatakan sebagai seorang yang beradab ketika kejujurannya diletakkan pada posisi dan waktu yang tidak tepat.


0 komentar:

Posting Komentar